Pelaku Dosa Ini Mendapat Azab ‘Istimewa’ dari Allah, Siapa Mereka?

46 0

Neraka merupakan hukuman bagi setiap hamba yang berdosa dan durhaka terhadap perintah Allah ta’ala. Salah satu diantara neraka yang telah dipersiapkan bagi para pendosa ialah sebuah neraka yang bernama Huthamah. Pedihnya siksaan di dalam neraka ini digambarkan oleh Allah ta’ala di dalam Al-Quran surat Al-Humazah.

Ustad Adi Hidayat dalam channel Youtube Lampu Islam menyatakan bahwa siksaan di neraka Huthamah sangat berbeda dengan neraka lainnya. Mengutip dari surat Al-Humazah, beliau menjelaskan bahwa para pendosa dibakar di neraka ini dalam keadaan tubuh terikat di sebuah tiang. Adapun, sifat api di neraka ini ialah melekat pada tubuh manusia dan membakarnya bagian perbagian hingga hancur lalu berpindah ke bagian lainnya.

Terdapat dua golongan yang diancam dengan siksa pedih di neraka Huthamah. Golongan pertama ialah para pengumpat. Termasuk di dalamnya adalah orang-orang yang suka berkata kotor, bergosip atau membicarakan keburukan orang lain. Peringatan ini ditekankan oleh Allah ta’ala. kepada para wanita yang suka membicarakan aib orang lain, termasuk para istri yang membuka keburukan suaminya sendiri.

Golongan kedua yang diancam dengan siksa neraka Huthamah ialah orang-orang yang gemar mengumpulkan harta dan menghitung-hitungnya. Peringatan ini ditekankan oleh Allah ta’ala. kepada para lelaki yang seringkali bekerja tanpa mengenal waktu hingga meninggalkan kewajibannya untuk salat dan beribadah. Oleh karena itu, sebisa mungkin kita menghindari dua perbuatan dosa tersebut dan senantiasa memohon perlindungan kepada Allah ta’ala dari pedihnya siksaan api neraka.

Gugus Febriansyah

Gugus Febriansyah

Pernah menulis di beberapa media nasional seperti BaBe News, Hipwee, Kompasiana dan IDN Times.

Tinggalkan Balasan