Bukan Masjid, Inilah Tempat Terbaik Bagi Wanita untuk Mendirikan Salat

117 0

Masjid merupakan tempat ibadah yang dimuliakan oleh umat Islam. Dianjurkan kepada muslim untuk menyemarakkan masjid dengan berbagai kegiatan yang bermakna. Salah satunya dengan melaksanakan salat fardu berjamaah di sana.

Dikutip dari pendapat Imam Syafii bahwa tidak ada keringanan bagi muslim laki-laki untuk tidak salat berjamaah di masjid, kecuali ada udzur syari yang menghalanginya. Pendapat ini sebagaimana yang beliau sebutkan dalam Kitab Ash-Sholah wa Hukmu Tarikhia.

Akan tetapi, hukum yang berbeda berlaku bagi para wanita. Rumah merupakan tempat yang lebih utama bagi mereka untuk melaksanakan salat. Dikutip dari sebuah hadis hasan yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad bahwa Rasulullah bersabda, “Sebaik-baik masjid bagi para wanita adalah di bagian dalam rumah mereka.”

Pernyataan yang serupa juga disampaikan oleh Rasulullah ketika datang seorang wanita bernama Ummu Humaid yang  mengutarakan keinginannya untuk ikut salat berjamaah di masjid bersama-sama beliau dan kaum muslimin. Dalam hadis tersebut beliau menyatakan bahwa salat seorang wanita di salah satu ruangan di rumah lebih utama dibandingkan salat di masjid nabi sekalipun.

Namun, hal tersebut bukan berarti wanita dilarang untuk mendatangi masjid. Rasulullah dalam hadis riwayat Imam Muslim No. 442 bersabda, “Janganlah kalian menghalangi istri-istri kalian untuk ke masjid. Jika mereka meminta izin pada kalian maka izinkanlah dia.”

Jadi, tidaklah terlarang bagi wanita untuk beribadah di masjid. Asalkan, mereka telah diizinkan oleh suaminya, tidak memakai minyak wangi dan menutup aurat. Demikian yang disampaikan oleh Ulama Muhammad Shalih Al-Munajjid dalam fatwanya. Bahkan, di masjid Nabawi terdapat sebuah pintu yang dikhususkan untuk masuknya wanita.

Gugus Febriansyah

Gugus Febriansyah

Pernah menulis di beberapa media nasional seperti BaBe News, Hipwee, Kompasiana dan IDN Times.

Tinggalkan Balasan