Para penggemar film Hollywood pasti sudah tidak asing lagi dengan sosok kapten bajak laut, Jack Sparrow dalam film Pirates of the Carribean yang diperankan dengan baik oleh aktor kawakan Johnny Depp. Dikutip dari laman Wikipedia.org bahwasannya film ini merupakan versi layar lebar dari skenario drama berjudul “A Christian Turn’d Turk” yang ditulis oleh Robert Daborne di tahun 1612.

Naskah drama karya Robert Daborne tahun 1612

Dilansir dari laman website creativeummah.com, tokoh Jack Sparrow dalam film Pirates of Carribean diadaptasi dari sosok seorang pelaut muslim bernama John Ward yang juga dikenal dengan Jack Sparrow atau Jack Birdy. Jack merupakan seorang perwira angkatan laut Kerajaan Inggris di masa kekuasaan Ratu Elizabeth I.

Ilustrasi sosok asli Jack Sparrow

Ia ditugaskan oleh Kerajaan Inggris untuk menjarah kapal-kapal milik Kerajaan Spanyol, musuh bebuyutan mereka. Meski tugasnya telah selesai di tahun 1603, Jack Sparrow bersama kelompoknya tetap menjalankan aksi perampasan kapal dengan menyasar kapal para saudagar dan nelayan di lautan.

Lukisan pertempuran Sparrow di atas kapal

Akibat kejahatan tersebut, Raja James I memerintahkan pasukannya untuk menangkap Jack dan beserta gerombolannya. Untuk menghindari kejaran pasukan istana, Jack melarikan diri ke Tunisia yang saat itu diperintah oleh Kekhalifahan Utsmaniyah.

Burung gereja atau sparrow dalam bahasa Inggris

Kata ‘Sparrow’ diakhir nama Jack sendiri diperoleh karena kekagumannya pada burung gereja di masa persembunyiannya di Tunisia. Di sana pula Jack mulai mengenal islam hingga akhirnya memutuskan menjadi seorang muslim di tahun 1607 dan mengubah namanya menjadi Yusuf Reis.

Johnny Depp sebagai sosok Jack Sparrow

Jack menghabiskan sisa hidupnya di Tunisia dengan aman karena mendapatkan suaka dari penguasa setempat. Hingga akhirnya beliau meninggal dunia di tahun 1622 akibat wabah penyakit di usia ke-70 tahun.

Write A Comment