15 49.0138 8.38624 1 0 4000 1 https://jurnalia.com 300 true 0

Manusia yang Mampu Melihat ‘Wajah’ Allah di Surga

0 Komentar

Surga merupakan balasan setimpal bagi umat muslim yang senantiasa melakukan amal kebajikan. Di dalamnya, mereka mendapatkan banyak  kenikmatan yang tidak dapat dibandingkan dengan berbagai kenikmatan selama hidup di dunia.

Meskipun begitu, surga ternyata bukanlah puncak kenikmatan yang dijanjikan Allah kepada orang-orang beriman. Dalam sebuah hadis disebutkan bahwa nikmat tertinggi bagi umat muslim di akhirat nanti ialah kesempatan melihat wajah Tuhan mereka.

Sesungguhnya kalian akan melihat Rabb kalian seperti kalian melihat bulan ini, tidak membahayakan kalian saat melihatnya. Jika kalian mampu untuk tidak meninggalkan sholat sebelum terbit dan terbenamnya matahari maka lakukanlah. (HR. Bukhari no. 554 dan Muslim no. 632).

Berikut ini adalah 3 gologan yang mendapat keistimewaan untuk melihat wajah Allah ta’ala di surga nanti.

Golongan pertama, Mukmin dan Muhsin
Mukmin adalah orang yang beriman sedangkan, muhsin ialah orang yang selalu merasa diawasi oleh Allah SWT. Orang yang beriman dan selalu merasa diawasi oleh Allah akan menjaga setiap tindakannya dari setiap perbuatan maksiat yang dimurkai Allah.

Di dalam al-Quran, Allah menjanjikan hal ini di surah Yunus ayat 26 dan surah Qiyamah ayat ke 22 sampai dengan ayat 23. Yuk, dibuka dulu mushafnya!

Golongan kedua, Orang yang istiqomah salat asar dan subuh.
Kedua salat tersebut memiliki keagungan dibandingkan salat-salat wajib yang lain. Kedua waktu salat ini sangat berat bagi orang-orang yang di dalam hatinya terdapat sifat munafik. Penjelasan ini seperti yang telah disebutkan pada hadis di atas.

Orang beriman akan melihat wajah Tuhannya di surga.

Golongan ketiga, Orang yang berdoa
Doa adalah senjata bagi orang-orang beriman. Rasulullah mengajarkan kita sebuah doa agar kita diberi kenikmatan untuk diberi anugerah melihat wajah Allah di akhirat kelak sebagaimana disebutkan dalam salah hadis yang diriwayatkan oleh an-Nasa’i.

Baca doa selengkapnya di sini

Gugus Febriansyah
Foto oleh Tracy Le Blanc dari Pexels
Sebelumnya
Pahala Besar Bagi Kamu yang Jarang Galau di Sosmed
Setelahny
Akurat, Fakta Ilmiah Air Hujan Buktikan Kebenaran Quran

0 Komentar

    Tinggalkan balasan