Rutinkan Baca Surat Ini, Agar Dimudahkan ke Tanah Suci

162 0

Berkunjung ke dua kota suci Mekkah dan Madinah dalam rangka berhaji atau umroh merupakan impian setiap muslim. Namun, tidak semua umat Islam mendapat kesempatan untuk pergi ke sana. Selain niat yang kuat, diperlukan kemampuan finansial untuk bisa menginjakkan kaki di tanah kelahiran sang Nabi.

Dilansir dari ceramah Ustad Khalid Basalamah di akun Youtube officialnya, terdapat sebuah amalan yang bisa memudahkan seseorang untuk pergi ke tanah suci. Amalan tersebut ialah membaca Surat Al-Kahfi setiap malam Jumat. Hal itu beliau nukil dari sebuah hadis yang berbunyi, “Barangsiapa membaca surat al-Kahfi pada malam Jum’at, maka dipancarkan cahaya untuknya sejauh antara dirinya dia dan Baitul ‘Atiq.”

Beliau menjelaskan bahwa yang dimaksudkan dengan cahaya antara seseorang ke Baitul ‘Atiq ialah dimudahkannya seseorang untuk menunaikan ibadah haji atau umrah ke Mekkah. Adapun waktu yang dimaksud dalam hadis tersebut hanya berlaku ketika Surat Al-Kahfi dibaca di malam Jumat, bukan di hari Jumatnya.

Sedangkan, membaca Surat Al-Kahfi di hari Jumatnya memiliki faedah yang lain. Hal ini berdasarkan hadis yang berbunyi, “Siapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jum’at, maka akan memancar cahaya dari bawah kakinya sampai ke langit, akan meneranginya kelak pada hari kiamat, dan diampuni dosanya antara dua jumat.”

Oleh karena itu, dianjurkan bagi seseorang yang bersungguh-sungguh ingin berkunjung baitullah agar senantiasa membaca Surah Al-Kahfi setiap malam Jumat. Selain itu, mereka juga dianjurkan untuk berikhtiyar dengan menabung dan selalu memohon pertolongan agar dimudahkan oleh Allah ta’ala.

Gugus Febriansyah

Gugus Febriansyah

Pernah menulis di beberapa media nasional seperti BaBe News, Hipwee, Kompasiana dan IDN Times.

Tinggalkan Balasan