Jurnalia

by Gugus Febriansyah

Paling tidak bisa, bilang tidak!

Alih-alih menolak permintaan mereka, aku lebih suka berkata iya tapi mengabaikannya.

Apakah kalian termasuk orang yang sulit mengatakan tidak kepada orang lain?

Kalo iya, sini tosss dulu kita.

Perasaan nggak enakan seperti itu, yakinlah hanya menyusahkan dirimu sendiri. Setuju dong?

Jadi inget sebuah kutipan yang kalo nggak salah dari Paulo Coleho, si penulis ini kurang lebih mengatakan hal demikian dalam bukunya The Magical Moment…

Orang yang selalu mengiyakan permintaan orang lain akan disenangi banyak orang, kecuali dirinya sendiri.

Enggak sekali dua kali, aku mengiyakan permintaan orang lain untuk untuk mengerjakan sesuatu, padahal di saat yang bersamaan aku juga punya hal yang nggak kalah penting untuk dikerjakan.

Biasanya sih buat ngedesain, bikin logo, banner dan sejenisnya yang seharusnya aku dapat bayaran untuk itu.

Kadang aku mikir, salahku sendiri sih kenapa dulu bilang kalo aku bisa ini dan bisa itu.

Miris emang ya, masih banyak yang nganggap kalo nge-desain itu nggak makan waktu. Padahal untuk mengerjakan itu, aku yang perfeksionis ini membutuhkan waktu sekitar 1-3 jam.

Apa artinya itu?

Artinya, sepersekian dari waktu hidupku aku berikan secara cuma-cuma kepada orang lain yang bahkan mereka nggak peduli sama sekali.

Jadi mulai sekarang, sebisa mungkin katakan tidak untuk apa-apa yang tidak terlalu penting dalam hidupmu eh, hidupku.

Hmm, bisa nggak ya?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali ke atas