Tiga Perbuatan Yang Dapat Menghapus Pahala Kebaikanmu

68 0

Setiap amal kebaikan yang kita lakukan pasti akan mendapatkan balasan pahala dari Allah. Hal tersebut  tentunya dapat menambah berat timbangan amal kebaikan kita sebagai bekal menuju surga.

Akan tetapi, beberapa perbuatan dosa dapat menjadi penyebab terhapusnya pahala kebajikan seseorang. Berikut ini merupakan tiga perbuatan yang dapat membuat pahala seseorang terhapus bahkan menjadi sia-sia belaka.

Meninggalkan salat asar

Salat asar disebut juga sebagai salat wustho atau salat pertengahan. Inilah salat yang kedudukannya paling penting diantara salat lima waktu lainnya. Oleh karena itu, Allah ta’alamemberikan ancaman bagi setiap muslim yang secara sengaja meninggalkannya. Dalam hadis Bukhari No. 594 disebutkan bahwasannya meninggalkan salat asar dapat menyebabkan terhapusnya amalan seseorang.

Bersikap riya

Riya adalah berbuat kebajikan dengan harapan memperoleh pujian dari orang lain. Sifat ini sangat dibenci oleh Allah Swt dan termasuk perbuatan syirik kecil. Orang yang beramal karena riya tidak akan mendapatkan pahala apapun dari kebajikannya selain dosa dan murka Allah ta’ala.

Berbuat keji kepada orang lain

Inilah salah satu dosa yang sangat berbahaya bagi amalan seorang muslim. Dosa ini dapat menyebabkan berpindahnya pahala seseorang kepada orang lain yang disakitinya. Kebiasaan bergunjing, memfitnah dan menyakiti perasaan orang lain termasuk ke dalam golongan perbuatan ini. Di akhirat kelak, pelakunya dikategorikan sebagai orang-orang yang bangkrut karena terhapusnya pahala yang ia miliki.

Bersambung…

Gugus Febriansyah

Gugus Febriansyah

Pernah menulis di beberapa media nasional seperti BaBe News, Hipwee, Kompasiana dan IDN Times.

Tinggalkan Balasan