Begini Wujud Ababil, Burung Yang Dikirim Untuk Melindungi Kabah


120
120 points

Burung ababil dikenal oleh umat Islam dalam kisah penghancuran Kabah yang hendak dilakukan oleh Raja Abraha dan pasukannya. Burung ini diceritakan dalam Al-Quran sebagai tentara Allah yang membawa kerikil panas dari neraka untuk membinasakan mereka.

Sumber : thehumblei.com

Dilansir dari musjidulhaq.com, Raja Abraha merupakan penguasa Yaman dan Ethiopia. Untuk menyaingi kepopuleran Kabah, sang raja membuat bangunan di kotanya bernama San’a. Dia berharap dengan adanya bangunan tersebut rakyatnya tidak perlu lagi tawaf ke Kabah tetapi cukup melakukannya di tempat tersebut.

Sumber : cgsociety.org

Mengetahui ide tersebut, salah seorang lelaki Quraisy dari Bani Kinanah menjadi marah dan mendatangi kota San’a. Tak disangka, ia mengencingi bangunan yang dibangun oleh Abraha. Hal inilah yang menyebabkan Abraha murka dan memutuskan menyerang kota Makkah untuk menghancurkan Kabah.

Sumber : ytimg.com

Pada saat itulah keajaiban terjadi, ribuan burung ababil terbang sambil membawa batu panas yang berasal dari neraka dan dijatuhkan kepada tentara gajah. Mengutip firman Allah dalam surat Al-Fiil ayat 2-5 yang berbunyi, “Dan Dia mengirimkan kepada mereka burung yang berbondong-bondong yang melempari mereka dengan batu (berasal) dari tanah yang terbakar, lalu Dia menjadikan mereka seperti daun-daun yang dimakan (ulat).”

Sumber : twitter.com/muneef_afzal

Sosok burung ababil sendiri sampai saat ini menjadi perdebatan. Beberapa pihak menyatakan jika burung ini masih satu familia dengan burung pipit. Sedangkan beberapa pihak lainnya menyatakan jika burung ababil masih satu spesies burung nazar, si pemakan bangkai. Bahkan, beberapa lalu netter dihebohkan dengan unggahan foto seekor burung yang diklaim sebagai burung ababil.

Sumber : ytimg.com

Adapun, drh. Chaidir, MM dilansir dari laman pribadinya, www.drh.chaidir.net menyatakan bahwa hingga saat ini tidak ditemukan referensi ilmiah mengenai sosok burung ababil sebenarnya. Beliau melanjutkan, satu-satunya kewajiban seorang muslim adalah mengimaninya. Sebab. kisah tersebut tak pernah dibantah oleh masyarakat Makkah, baik yang hidup pada masa sebelum atau sesudah kelahiran Nabi Muhammad.

Share:
  • 1
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    1
    Share

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
Gugus Febriansyah
Blogger yang menggemari karya-karya agung dari Paulo Coelho dan Dee Lestari. Lebih suka membaca daripada menulis, kecuali ada ada honornya.

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format